Sabtu, 05 November 2016

Cara Mengelola Keuangan Remaja




Bagaimana cara mengelola keuangan remaja ? Masa remaja adalah masa di mana seorang manusia mulai beralih dari tahap anak-anak ke tahap yang lebih dewasa. Pada masa ini, kepribadian dan karakter anak akan mulai terbentuk. Gejolak pada diri remaja juga masih dalam keadaan labil serta lebih mengedepankan gengsi. Begitu pula dalam masalah keuangan. Pendapatan utama remaja pada umumnya, tentu saja mereka dapatkan dari orang tua. Walaupun ada sebagian yang melakukan kerja sampingan, tetapi uang dari orang tua tetap menjadi ‘pokoknya’. Maka dari itu kawan-kawan muda, mulai dari sekarang, kita harus mengetahui cara mengelola keuangan remaja agar dapat menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai, pengeluaran kita lebih besar dari pada pendapatan. Cara mengelola keuangan remaja tidak sulit dilakukan apabila kita mau berlaku hemat. Namun, cara mengelola keuangan remaja harus dilakukan secara teratur agar pengelolaan uang kita akan berjalan dengan lancar.
Sebagai sesama generasi muda, saya akan berbagi cara mengelola keuangan remaja yang sangat mudah untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 
  1. Buat Daftar Kebutuhan
    Cara mengelola keuangan remaja yang pertama yaitu dengan membuat daftar kebutuhan. Disini kamu harus menentukan barang-barang atau hal-hal yang sedang kamu butuhkan dalam jangka waktu pendek. Kemudian catatlah apa saja hal-hal tersebut. Bedakan antara barang yang kamu ‘butuhkan’ dengan barang yang kamu ‘inginkan’. Barang yang kamu ‘butuhkan’ adalah barang yang harus kamu punya agar dapat melakukan sesuatu yang penting. Contohnya adalah buku. Sedangkan barang yang kamu ‘inginkan’ adalah barang yang sedikit manfaatnya karena hanya bersifat sebagai pelengkap. Contoh: Aksesoris. Barang yang paling kamu butuhkan dan bermanfaat, hendaknya kamu letakkan diprioritas teratas. Sebagai contoh, misalnya dalam bulan ini kamu sedang membutuhkan buku tulis, ponsel, dan sepatu. Maka urutan yang tepat adalah buku, sepatu, baru kemudian ponsel.
  2. Buat Daftar Pemasukan Kamu
    Cara mengelola keuangan remaja yang kedua yaitu dengan membuat daftar pemasukan. Ini adalah sebuah daftar dimana kamu dapat mengetahui berapakah pengeluaran ideal yang seharusnya kamu keluarkan. Misalnya, kamu mendapat jatah uang pribadi bulanan dari orang tua sebesar Rp. 300.000,-, atau bila dibuat perhari adalah Rp. 10.000,-. Bila kamu mendapat uang tambahan dari keluarga atau pekerjaan sampingan, hendaknya kamu menulisnya di bawah uang pokok dari orang tua. Dari situ, maka kita akan tau berapa idealnya kita mengeluarkan uang dalam sehari.
  3. Daftar Pengeluaran
    Cara mengelola keuangan remaja yang ketiga yaitu dengan membuat daftar pengeluaran. Ini adalah sebuah daftar dimana kamu akan mengetahui berapa banyak uang yang telah kamu keluarkan selama satu bulan. Kamu harus menuliskan untuk apa saja uang yang sudah kamu keluarkan. Misalnya dalam keseharian, yaitu untuk transportasi pulang pergi ke sekolah, membeli cemilan atau makan siang di sekolah. Lalu secara mingguan, misalnya pulsa, uang kas kelas, foto copy tugas atau yang lain. Semuanya harus kamu catat secara terperinci. Jangan sampai ada yang terlewat. Ini berguna sebagai evaluasi kamu.
  4. Menabung atau Investasi
    Cara mengelola keuangan remaja yang keempat yaitu dengan menabung. Dari contah di atas, misal uang jajan harian kamu Rp. 10.000,-, sebelum berangkat ke sekolah, hendaknya sisihkan terlebih dahulu sebagian uangnya. Jangan merencanakan untuk menabung sepulang sekolah, karena dijamin uangnya akan habis sebelum masuk ke tabungan. Lainnya, jika kamu membeli suatu barang dan ternyata harga barang tersebut lebih murah dari perkiraan kamu, maka sebaiknya sisa uang yang tidak terpakai itu kamu sisihkan untuk ditabung. Tabungan kamu itu, akan sangat bermanfaat apabila kamu memiliki kebutuhan mendadak.atau saat kamu ingin membeli barang yang kebetulan harganya cukup mahal. Kamu bisa memakai uang tabungan tersebut tanpa meminta pada orang tua. Dengan itu, maka kamu akan lebih menghargai setiap barang yang kamu miliki. Selain itu, dengan sendirinya, akan tumbuh sifat mendiri pada diri kamu. Kebanyakan remaja sekarang memntingkan kebutuhan akan internet dengan sering membeli kuota, sebaiknya anda harus mengetahui cara menghemat penggunaan kuota internet. 
  5. Hidup Sederhana dan Selalu Bersyukur
    Cara mengelola keuangan remaja yang kelima yaitu dengan hidup sederhana. Sadar akan keadaan yang kita jalani akan membuat kita selalu tentram dalam menjalani hidup. Kita bisa berhemat dengan hidup sederhana. Jangan pernah merasa iri pada apa yang telah dimiliki teman. Kecuali dalam hal yang bersifat positif seperti prestasi. Jangan bersaing untuk hal yang tidak ada manfaatnya untuk kita. Kita juga harus selalu bersyukur pada apa saja yang telah Tuhan berikan kepada kita. Karena semua yang Tuhan berikan, telah digariskan menjadi suatu jalan yang terbaik untuk kita.
      
    Oleh karena itu, mari kita tingkatkan taraf hidup kita sedini mungkin. Tata masa depan gemilang, sesuai dengan apa yang menjadi impian kita. Jadilah generasi muda yang cerdas dalam mengelola keuangan. Semangat! Bisa karena biasa! Semoga artikel tentang cara mengelola keuangan remaja bisa bermanfaat. 


1 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin keuangan anak muda, ternyata ada loh beberapa jenis pengeluaran yang sangat buruk bagi generasi milenial. Cek di sini ya: 3 Pengeluaran bodoh ini bikin milenial susah kaya

    BalasHapus