Sabtu, 05 November 2016

Cara Merawat Laptop Dengan Baik

cara merawat laptop dengan baik
          Cara merawat laptop dengan baik memang menjadi kewajiban kita sebagai pengguna dari laptop ini, ketahanan laptop kita bergantung dari pemakaian kita sehari hari. Banyak orang yang mengabaikan tentang cara merawat laptop dengan baik akibatnya adalah berkurangnya daya dan aktivitas laptop sendiri mulai dari daya tahan baterai, sampai kondisi komponen-komponen dan cashing dari laptop itu sendiri, maka dari itu admin akan membahas bagaimana cara merawat laptop dengan baik agar tahan lama dan awet.   
  1. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin--Membersihkan layar laptop adalah sesuatu yang sangat mudah tetapi sangat jarang dilakukan oleh orang-orang. Mulai sekarang rajinlah membersihkan layar laptop anda agar layar tetap awet selalu dan ketika kita menggunakan juga terasanya nyaman tanpa ada debu yang mengganggu.
  2. Jangan menggunakan Laptop anda bermain Game terlalu Sering--Ketika kita bermain game komponen dalam laptop akan melakukan kinerjanya lebih cepat dari biasanya karena jika digunakan terlalu lama akan berdampak buruk bagi hardware laptop anda  karena akan terjadi overhead pada komponen. Salah satu contoh adalah penurunan daya tahan pada baterai laptop anda.
  3. Jauhi menggunakan Laptop dalam situasi di atas Kasur
    Ini adalah salah satu penggunaan yang salah karena bisa menyebabkan laptop anda tidak tahan lama. Karena kasur atau bahan lembut serta empuk yang lain berbentuk untuk menyerap panas, bukan untuk membuang panas yang diberikan oleh laptop, jadi ketika kita menggunakan laptop dikasur panas yang diberikan laptop akan diserapkan kembali dan terjadi double panas yang diberikan dan tidak dapat mencegah laptop anda tidak tahan lama.
  4. Hindari Minuman atau benda cair dari Laptop
    Minuman atau benda cair yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Karena bahan cair merupakan anti bagi rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Jika laptop terkena benda cair secepatnya matikan laptop setelah itu lepaskan baterai. Setelah dibersihkan dan kering coba hidupkan kembali laptop anda semoga hidup kembali. 
  5. Charge Laptop anda Secara Teratur--Jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai laptop telah full dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi. 
  6. Jauhi Menjalankan Laptop Di Ruang Yang Bersuhu Panas atau Sinar Matahari--Mengoperasikan komputer didalam Suhu ruang yang sangatlah panas bisa mengakibatkan kerusakan komponen-komponen laptop. Apabila terus mau mengunakan laptop didalam suhu ruang yang panas, jadi gunakanlah kipas pendingin (cooling pad). Agar dapat membantu anda melakukan kerja dengan laptop ketika di luar agar laptop anda bisa terawat dan tahan lama. 
  7. Jangan Biarkan Laptop anda mati terpaksa--Jika anda selalu mengunakan laptop anda hingga baterai kosong langsung mati , tentu akan memperpendek usia dan rusaknya baterai. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 0%, jadi secepatnya charger kembali agar laptop anda tidak mati sendiri, sebaiknya gunakan peringatan ketika laptop anda sudah mencapai 10%. 
  8. Janganlah Meletakkan Barang yang Berat di atas Laptop
    Saat Laptop terhimpit dengan benda yang sangat berat, karena akan membuat Layar LCD Laptop jadi rusak. Meskipun laptop waktu itu dalam situasi tertutup. Tanda-tanda rusaknya Layar LCD awalnya munculnya garis-garis pada LCD,dan apabila terjadi layar hitam pada laptop anda maka siap-siap anda ke toko dan membeli LCD baru untuk laptop anda.
          Jadi mulai dari sekarang hindari apa yang membuat laptop anda menjadi cepat rusak dan lakukanlah cara-cara di atas agar laptop anda tahan lama. Sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran karena tidak hanya digunakan untuk menyervis laptop saja. Jika memang terjadi kerusakan cobalah bawa laptop anda ke toko untuk diperiksa agar dapat diperbaiki segera. Semoga artikel tentang cara merawat laptop dengan baik dapat bermanfaat untuk anda.
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar