Minggu, 13 November 2016

Pentingnya Mengkonsumsi Sayuran


Pentingnya mengkonsumsi sayuran untuk menjaga stamina tubuh karena banyaknya aktivitas. Budaya makan sayuran telah ada sejak jaman dahulu, bahkan jauh sebelum ada ilmu gizi yang menyatakan dengan jelas akan manfaatnya bagi kesehatan. Menurut banyak literatur, manusia purba sudah makan produk dari tanaman lebih banyak dari daging,  karena memang itulah makanan yang banyak tersedia disekitar mereka. Pentingnya mengkonsumsi sayuran tidak hanya untuk anak kecil, selain itu juga sangat penting untuk kita yang mempunyai banyak aktivitas agar tubuh kita memiliki asupan gizi yang baik. Pentingnya mengkonsumsi sayuran bagi tubuh yaitu agar tubuh kita mendapatkan nutrisi yang baik.
Bagaimanapun, tubuh kita juga butuh keseimbangan untuk melaksanakan fungsinya dengan baik. Apa sih pentingnya mengkonsumsi sayuran untuk tubuh kita? Banyak untungnya jika Anda melengkapi diet sehat Anda dengan lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Berikut alasan mengenai pentingnya mengkonsumsi sayuran:


  • Bergizi tinggi namun rendah lemak. Pentingnya mengkonsumsi sayuran yang pertama yaitu bergizi tinggi dan rendah lemak. Sayuran dan buah-buahan sama, mereka rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Semua jenis sayuran, seperti sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K. Sumber terbesar zat antioksidan Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber antioksidan. Ia adalah zat yang memiliki peran penting, terutama membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit(kekebalan tubuh), mengurangi resiko kanker, dan menyingkirkan Oksidan. Manfaat Khasiat VCO bagi Kesehatan dan Kecantikan Zat Oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, adalah molekul yang racun dan merusak bio molekul dalam sel. Karena bersifat merusak(mengoksidasi) bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tak tertanggulangi ini bisa menyebabkan penyakit berat seperti kanker dan jantung. Oksidan atau Radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, oleh faktor lingkungan yang tinggi polutan. Dengan demikian maka tubuh kita memerlukan zat yang bersifat antioksidan, yaitu sebagai tandingan untuk menyingkirkan zat perusak yang bernama oksidan. Jadi pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah ini karena mereka adalah makanan yang tinggi mengandung antioksidan, sehingga akan membuat kita jauh dari penyakit.
  • Sumber serat tinggi. Pentingnya mengkonsumsi sayuran yang kedua karena sayuran mengandung serat yang tinggi. Sayuran banyak mengandung serat larut dan serat tidak larut. Zat yang disebut dengan serat ini berguna untuk menyerap kelebihan air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran, dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh. Dengan demikian, asupan serat yang cukup menawarkan perlindungan dari  wasir, kanker usus besar, sembelit kronis, dan fisura.
  • Mencegah kita dari kegemukan Pentingnya mengkonsumsi sayuran yang ketiga yaitu mencegah dari kegemukan. Mayoritas jenis sayuran yang ada adalah sangat rendah lemak dan kalori. Daftar panjang sayuran yang mengandung kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti blonceng, pare, kubis, sawi, terong, bayam, labu,  dll.  Penelitian menunjukkan bahwa makan-makanan yang rendah kalori, namun kaya nutrisi akan membantu tubuh tetap fit dan bebas penyakit. Jadi lebih banyak makan sayuran akan membuat Anda tetap sehat, sementara mencegah dari obesitas sehingga badan kita bisa tumbuh ke atas..
  • Membuat kita Sehat, Cantik dan tampak awet muda. Pentingnya mengkonsumsi sayuran yang keempat yaitu membuat kita lebih sehat. Diet tinggi sayuran tidak hanya akan membuat kita merasa lebih baik, juga akan membuat kita lebih sehat. Suplemen vitamin yang ada tidak akan bisa mengungguli kekuatan vitamin dari sumber alami. Bila Anda menekankan sayuran berwarna – merah, oranye, kuning, dan hijau tua – maka Anda akan memasok berbagai macam vitamin penting bagi tubuh, terutama A , B , C dan K , serta mineral. Dengan demikian, sirkulasi darah akan mencapai tingkatan yang maksimal, dan sel-sel tubuh akan menjadi lebih sehat. Dengan demikian kulit kita akan menjadi bersih, mata cerah, rambut mengkilap dan gigi yang kuat. Tampak segar dan cantik/gagah dan awet muda adalah hasil akhirnya, sebagai kebalikan dari tampak pucat, lemah, tua dan sakit-sakitan.

Jadi, banyak manfaat mengkonsumsi sayuran untuk tubuh kita. Sayuran yang sehat adalah sayuran yang tidak menggunakan bahan kimia dalam merawatnya. Semoga artikel tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran bermanfaat untuk anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar