Sabtu, 05 November 2016

Cara Menjaga Kesehatan Mata

cara menjaga kesehatan mata

          Bagaimana cara menjaga kesehatan mataKita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.Untuk itu kita harus mengetahui cara menjaga kesehatan mata. Apabila mata mengalami kerusakan maka kita tidak dapat melihat indahnya dunia. Cara menjaga kesehatan mata tidak sulit untuk dilakukan. Namun cara menjaga kesehatan mata harus dilakukan secara teratur agar mata tetap sehat dan dapat mendukung segala aktivitas sehari-hari.
          Oleh sebab itu, pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai cara menjaga kesehatan mata anda dengan tepat. Tentunya cara ini pun tidak akan menyulitkan aktivitas anda dan usahakanlah untuk tetap konsisten menjalani cara-cara dibawah ini. Adapun cara menjaga kesehatan mata, antara lain yaitu:
  1. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A Cara menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang mampu membuat mata menjadi lebih sehat dan segar. karena itulah, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin A sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu contoh buah yang mengandung banyak vitamin A adalah buah pisang. Sedangkan contoh sayur yang mengandung banyak vitamin A adalah wortel. Konsumsilah buah dan sayur tersebut dengan rutin agar mata anda terhindar dari penyakit yang berasal dari dalam.
  2. Istirahatkan Mata Anda Cara menjaga kesehatan mata dengan rutin mengistirahatkan mata. Berilah sedikit waktu untuk mata anda dapat beristirahat setelah membaca buku atau melakukan aktivitas di depan komputer. Kalau bisa, beri jeda beberapa menit untuk tidak membaca buku agar mata dapat mengembalikan kesegarannya terlebih dahulu. Dengan begitu, mata anda akan lebih sehat dan terhindar dari bahaya penyakit mata.
  3. Kurangi penggunaan tetes mata
    Cara menjaga kesehatan mata dengan mengurangi penggunaan tets mata. Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.
  4. Lindungi Mata
    Cara menjaga kesehatan mata dengan melindungi mata. Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata anda juga dapat melakukannya dengan selalu melindungi mata saat beraktifitas diluar rumah. Ketika anda berkendara dengan kendaraan terbuka, usahakan untuk memakai helm. Saat berenang, usahakan untuk memakai kacamata renang. Hal tersebut sangat penting untuk anda lakukan agar mata dapat terhindar dari benda yang hendak memasukinya.
  5. Gunakan mentimun
    Cara menjaga kesehatan mata menggunakan mentimun. Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.
  6.  Pakailah kacamata hitam pelindung UV
    Cara menjaga kesehatan mata menggunakan kacamata hitam. Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.
  7. Jangan membaca dalam cahaya redup
    Cara menjaga kesehatan mata dengan tidak membaca dalam cahaya redup. Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
  8. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
    Cara menjaga kesehatan mata dengan melatih mata dan membutanya untuk bersantai. Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
    Duduklah, tempatkan siku di pinggul, dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya. 
          Mata adalah anugerah yang indah dari Tuhan, maka dari itu kita harus bisa menjaganya dengan baik sebagai ungkapan rasa syukur terhadap anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan. Lakukan langkah-langkah di atas agar mata anda tetap sehat. Semoga artikel tentang cara menjaga kesehatan mata bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar