Sabtu, 05 November 2016

Cara Menyikapi Stress Pada Anak Sekolah

         


          Stress pada anak sekolah sering kita jumpai. Stress itu seperti suatu beban. Menghadapi stress seperti mengangkat suatu beban. Seorang atlet angkat beban akan berlatih dengan sebaiknya mengangkat beban yang sesuai kemampuannya. Jika diangkat sembarangan, maka hasilnya adalah kerusakan otot dan bisa jadi patah tulang. Demikian juga dengan stress. Beban karena stress tidak bisa dihilangkan begitu saja. Namun banyak yang belum mengetahui cara menyikapi stress pada anak sekolah. Cara terbaik adalah dengan mengelola stress secara efektif. Bagaimana bisa mengelola stress secara efektif jika kita sedang stress? Tenang, cara menyikapi stress pada anak sekolah bermacam-macam bentuknya. Cara menyikapi stress pada anak sekolah dapat dibantu pihak lain maupun diselesaikan oleh diri sendiri. Berikut cara menyikapi stress pada anak sekolah.
  1. Kenali penyebabnya -- Jika Anda mulai stres di sekolah, misalnya saat menghadapi ujian sekolah, cobalah mencari tahu penyebab stres tersebut. Apakah disebabkan karena tekanan dari diri sendiri, dari orang tua, dari guru, atau dari sesama siswa? Cari penyebab stres yang paling menyebabkan beban tertinggi.
  2. Rencanakan tanggapan
    Lulus ujian dengan nilai terbaik memang impian setiap siswa. Namun jika itu tidak tercapai, maka apa yang harus dilakukan? Apakah penurunan prestasi atau kegagalan menjadi akhir segala-galanya? Tentu tidak. Jika sejak awal sudah mempersiapkan tanggapan yang akan diberikan jika terjadi kegagalan, beban akan semakin berkurang. Anda sudah siap jika terjadi kegagalan. Misalnya Anda sudah mempersiapkan jawaban kepada orang tua atau guru jika kegagalan dipermasalahkan kemudian hari.
  3. Segera selesaikan masalah
    Masalah tidak akan hilang dengan sendirinya. Bahkan suatu masalah akan bertambah parah jika sedang stres. Cobalah segera selesaikan masalah sejak awal. Misalnya jika anda mengalami kesulitan belajar, coba sarankan untuk berlatih jauh-jauh hari sebelum masa ujian sekolah. Hal ini akan membantu mempersiapkan diri Anda. 
  4. Bantuan orang lain
    Jika beban bertambah berat dan Anak tidak sanggup menghadapinya, jangan biarkan dipikul anda sendirian.  Anda harus mau  berkomunikasi dan berbagi dengan teman anda atau guru BK anda. Diskusikan dengan cara mengatasinya. Ini merupakan cara terbaik untuk mengelola stres saat situasi sudah begitu berat.
  5.  Mengatasi Stress dengan Melakukan Pola Hidup Sehat.
    Ada pola-pola hidup sehat yang dapat dilakukan apabila pelajar mengalami stress yang berat agar mengurangi stress yang sedang dialami. Pola-pola tersebut adalah :
    1.Accupressure--Pijatan-pijatan pada titik tertentu akan membantu Anda menstimulasi titik-titik penyembuhan. Prosedur ini sangat bagus untuk membantu Anda relax dan membantu meringankan kepenatan. Accupressure juga telah terbukti dapat membantu orang-orang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.
    2.Olah raga--Olah raga sangat efektif untuk membantu mengatasi stress karena berolah raga akan memperlancar peredaran darah dan membuka jantung untuk menerima lebih banyak oksigen.
    3.Hobby--Jika seseorang mengalami stress berat, maka cara yang baik untuk melepaskan stress tersebut adalah dengan menyalurkannya dalam bentuk hobby. Hobby yang melibatkan banyak orang dalam satu grup juga sangat dianjurkan karena hobby ini akan sangat kondusif terhadap kehidupan sosial seseorang.
    4.Minum Air Putih--Hanya dengan minum satu atau dua gelas air putih akan sangat membantu Anda untuk lebih relax dan dengan cairan tubuh yang cukup.
    5.Meditasi--Para pakar mengatakan bahwa cara paling ampuh untuk mengatasi stress adalah meditasi. Karena meditasi dapat membantu seseorang untuk menjernihkan pikiran dan berkonsentrasi pada ketenangan alam sekitarnya.                                                                                                                     6.Makan makanan yang bergizi--Pada saat kita dalam kondisi stress, makan secara teratur dan makanan yang mengandung karbohidrat rendah akan sangat membantu.   7.Tidur dan istitahatlah yang cukup karena hal tersebut dapat mengembalikan kebugaran tubuh.
  6. Menciptakan Suasana yang Nyaman
    Suasana lingkungan dan suasana dalam diri setiap pelajar juga mempengaruhi cepat tidaknya mengalami stress. Disini akan dibahas cara menciptakan lingkungan dan suasana hati agar tetap nyaman untuk belajar. Adapun cara-cara efektif itu adalah:
    1.    Membersihkan meja tulis dari semua kertas-kertas yang tidak ada hubungannya dengan apa yang akan dipelajari.
    2.    Menghindari kejenuhan dan kelelahan.
    Apabila seorang belajar merasa jenuh dan lelah ketika belajar, langsung segera menutup buku dan melakukan kegiatan yang lain yang lebih menyenangkan seperti mendengarkan music, pergi ke tempat yang lebih lapang atau bermain game namun kegiatan ini dilakukan hanya sebentar saja.
    3.    Berpikiran Positif
    Orang yang berpikiran positif selalu bersifat maju, berkembang, dan membangun.
    4.    Menjaga kebersihan diri dan lingkungan belajar.
    5.    Beribadah dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
    6.    Selalu mencari jalan keluar di setiap masalah yang sedang dihadapi.
     
          Apabila kita sudah dapat keluar dari stress yang menimpa kita, ada baiknya cara menyikapi stress  pada anak sekolah tidak hanya apabila stress sudah melanda namun kita juga bisa mencegah agar anak sekolah tidak stress. Saat menjalankan proses belajar baik itu di sekolah, rumah, atau tempat bimbingan belajar sebelum pelajar mengalami stress ada baiknya mengikuti cara-cara untuk mencegah datangnya stress.
1.    Menyelingi antara waktu belajar dengan waktu refreshing yang dapat menyegarkan mata dan pikiran anda.
2.    Tidak menumpuk-numpuk masalah dan tugas sekolah sehingga ada baiknya sempatkan setiap harinya untuk mengerjakan tugas walau tugas itu dikumpulkan masih dalam jangka waktu yang cukup lama.
3.    Membuat skala prioritas mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.
4.    Membuat jadwal belajar yang teratur dan tetaplah belajar secara rutin dengan waktu yang tidak terlalu lama dan dan juga tidak terlalu singkat.
5.    Jangan malu atau segan untuk meminta bantuan kepada orang lain jika mengalami kesulitan saat belajar.
6.    Buatlah kelompok belajar agar dapat berdiskusi dengan teman yang lain apabila sedang mengalami kesulitan dalam belajar.
7.    Berikan sebagian waktu anda untuk refreshing agar semua kepenatan hilang semisal saat akhir pekan pergilah ke tempat rekreasi.

          Stress bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja tidak terkecuali anak sekolah. Langkah-langkah di atas dapat dilakukan untuk menyikapi stress yang menimpa anda. Namun stress juga dapat dihindari dengan melakukan cara-cara di atas. Semoga artikel tentang cara menyikapi stress pada anak sekolah bisa bermanfaat.


  
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar