Minggu, 20 November 2016

Persiapan Penting Sebelum Travelling


Apa saja persiapan penting sebelum travelling ? Menyenangkan apabila perjalanan wisata sesuai dengan rencana yang diharapkan. Namun, ada beberapa problem yang perlu di antisipasi ketika Petualang akan melakukan perjalanan wisata. Persiapan penting sebelum travelling sangat dibutuhkan para traveller. Persiapan penting sebelum travelling harus dilakukan agar perjalanan kita dapat menyenangkan. Jangan sampai kita bepergian tanpa memperhatikan persiapan penting sebelum travelling. 
Berikut ulasan mengenai persiapan penting sebelum travelling. 
  • Hubungi Tetangga Rumah.
    Persiapan penting sebelum travelling yang pertama yaitu dengan menghubungi tetangga rumah. Mempunyai tetangga memang suatu yang menyenangkan tersendiri. Bagaimanapun repotnya, bisa minta tolong apabila ada masalah. Kecuali memang Petualang mempunyai pembantu yang siap sedia untuk menjaga rumah. Coba hubungi tetangga atau  say berpamit ria ketika hendak pergi untuk beberapa lama. Selain berpamitan juga bisa menjadi ‘perpanjangan lidah’ ketika ada tamu, atau kiriman paket yang datang kerumah. Selain tetangga, keluarga juga bisa dimintai tolong menjaga rumah dan peliharaan, apabila punya keluarga disekitar komplek rumah. 
  • Hitung Perkiraan Biaya Perjalanan.
    Persiapan penting sebelum travelling yang kedua yaitu dengan menghitung perkiraan biaya perjalanan. Membawa uang cash seperlunya sangat aman ketika melakukan traveling. Hitunglah berapa perkiraan uang yang akan dikeluarkan selama berpetualang agar bisa berhemat, sehingga tidak lagi ada persoalan kehabisan uang selama perjalanan berwisata. Beberapa kebutuhan yang mungkin saja keluar adalah biaya bahan bakar, makan, jalan tol, penginapan, oleh-oleh, obat, snack dan jajanan, pulsa dan lain sebagainya. Apabila berwisata di tempat yang jauh dari keramaian, usahakan membawa uang cash lebih sebagai cadangan. Agar tidak kehabisan uang ketika di tempat wisata, ada baiknya membawa cadangan uang cash untuk kebutuhan mendadak.
  •  Hari Pertama Yang Super Sibuk.
    Persiapan penting sebelum travelling yang ketiga. Ketika berada di tempat wisata, dimana Petualang belum pernah kesana sebelumnya. Biasanya kebingungan dengan tempat tersebut, misalnya dengan kondisi kota atau pedesaan, letak hotel, restoran dan peta jalan. Nah, agar tidak seperti “ayam kehilangan Induknya’’ sebaiknya di hari pertama disiapkan secara maksimal kondisi lokal yang ada di tempat tersebut untuk kelancaran dihari berikutnya. Kalau pelupa, sebaiknya dicatat dalam handphone atau secarik kertas sehingga apabila membutuhkan tempat-tempat tersebut bisa cepat untuk menuju kesana. Tempat yang perlu diingat adalah penginapan, mesin ATM, kantor / pos polisi, warung makan, SPBU, jalur / jalan searah, tempat wisata lain, jalan keluar kota, dan jalan tol.
  • Rencanakan Rute Wisata.
    Persiapan penting sebelum travelling yang keempat yaitu dengan merencanakan rute wisata. Teknologi sudah berkembang pesat, terutama tentang mapping. Sudah tidak saatnya lagi membawa peta kertas di setiap petualangan wisata atau bertanya pada orang lokal setiap kebingungan mencari jalan. Untuk menghindari “boros waktu” selama berpetualang, sebaiknya rencanakan dulu tempat-tempat yang akan dikunjungi. Dengan merencanakan rute jalan untuk menuju tempat wisata, akan mempercepat menuju tempat-tempat tersebut. Saat ini dengan bantuan GPS atau Digital Maps yang hampir ada di semua smatphone akan memudahkan menemukan tempat wisata atau rute yang akan dikunjungi. Atau kalau terpaksannya tidak ada, yaa harus beli peta manual atau print dari google maps lalu lingkari tempat yang akan dikunjungi.
  • Tidak Terima Panggilan Telepon.
    Persiapan penting sebelum travelling yang kelima. Merujuk pada peraturan pemerintah UU No.22 Tahun 2009 tentang adanya larangan melakukan kontak telepon atau sms saat berkendaraa memang dirasa baik. Saat menerima panggilan atau membalas sms, konsentrasi berkendara hampir berkurang hingga 50%. Memang sangat berisiko. Kalau menggunakan mobil, memang sebaiknya sudah persiapkan handphone untuk bisa di load speaker agar bisa menjawab seketika. Paling baik, apabila ingin berkomunikasi lama, sebaiknya berhenti di pinggir jalan. Jalan lupa nyalakan lampu sein samping.
  • Googling Tempat Wisata.
    Persiapan penting sebelum travelling yang keenam yaitu dengan googling tempat wisata. Googling tempat yang akan dikunjungi sebelum melakukan petualang sangat dianjurkan. Dengan googling selain untuk mempersiapkan rute perjalanan, juga bisa menemukan informasi “rahasia” tentang tempat tersebut. Jangan melakukan googling setelah berada di tempat wisata, karena itu hanya akan membuang-buang waktu.
  • Lihat Ramalan Cuaca.
    Persiapan penting sebelum travelling yang ketujuh yaitu dengan melihat ramalan cuaca. Cuaca adalah faktor paling besar yang mempengaruhi kondisi petualangan, terutama hujan. Cuaca paling mudah saat berpetualang adalah pada saat musim hujan atau kemarau, namun sangat sulit pada saat musim pancaroba karena memang sulit memprediksi cuaca saat pergantian musim. Karena bisa jadi cerah dipagi hari namun hujan mulai siang sampai malam. Bagaimana cara memeriksa cuaca? Banyak cara seperti menonton berita pagi di stasiun televisi atau aplikasi weather yang ada di smartphone saat ini. Biasanya ada ramalan cuaca selama 1 bulan kedepan. Ya kembali lagi ke persoalan, namanya juga ramalan cuaca, bisa jadi tepat bisa jadi tidak terjadi. Namun denga melihat kondisi cuaca, Petualang dapat mempersiapkan segala sesuatu yang akan terjadi ketika berada di tempat wisata.
  • Daftarlah Perlengkapan “Kecil” 
    Persiapan penting sebelum travelling yang keddelapan yaitu dengan mendaftar perlengkapan yang kecil. Dengan mandaftar atau membuat catatan tentang barang-barang ‘kecil’ yang akan dibawa berpetualang, akan tidak merepotkan ketika chek out dari penginapan. Beberapa barang mungkin saja tertinggal di penginapan, bagaimana kalau barang tersebut adalah kunci rumah? Sementara Petualang sudah melakukan setengah perjalanan pulang. 
         Semoga perjalanan anda dapat menyenagkan. Setelah mengikuti tips-tips di atas. Dengan demikian liburan anda dapat menghilangkan rasa jenuh selama melakukan aktivitas rutin yang sering anda jalani. Semoga artikel tentang persiapan penting sebelum travelling dapat bermanfaat untuk anda.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar