Sabtu, 05 November 2016

Cara Memilih Jurusan Kuliah

         

          Anda sekarang sedang bimbang bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat? Kebanyakan saat ini lulusan SMA/SMK/MA memilih jurusan yang mereka kira elite tanpa memperhitungkan hal-hal yang bisa saja terjadi. Untuk anda yang mempunyai rencana meneruskan studi pendidikan atau kuliah ke perguruan tinggi, lebih dahulu baiknya harus sudah mempersiapkan jurusan yang akan dipilih nantinya. Sebagian orang sering menemui masalah saat memutuskan jurusan apa yang akan dipilih dan tempat perguruan tinggi mana yang akan mereka pilih sebab beberapa orang tersebut masih belum mengenal lebih jauh bakat mereka dan di mana minat mereka.Sebenarnya banyak tips memilih jurusan kuliah agar anda tidak salah jurusan. Tips memilih jurusan kuliah sangat diperlukan karena jangan sampai saat anda mengikuti tes seleksi masuk kuliah anda tidak lulus karena anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Hal yang harusnya anda tahu sebelum memilih jurusan yang akan anda pilih adalah, anda harus memantabkan hati pada jurusan yang cocok dengan kepribadian, minat, bakat serta yang terpenting sesuai dengan potensi yang anda miliki. Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang tips memilih jurusan kuliah.
          Berikut beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan potensi :
  1. Sesuaikan dengan Minat dan Potensi Anda Faktor yang utama dalam menentukan jurusan yang pas adalah anda harus menyesuaikan jurusan yang ingin anda masuki dengan minat dan potensi anda, bila anda bisa menyesuaikan dengan minat dan potensi yang anda miliki tentunya anda akan menyukai banyak mata kuliah yang nantinya diajarkan di perguruan tinggi tersebut. Selain sanggup untuk dapat menumbuhkan minat dan potensi anda, untuk terjadi kejenuhan di saat berlangsungnya kuliah pun bisa diminimalisir. Ingat kembali di saat anda masih di SMA/SMK maupun MA, nilai mata pelajaran mana yang memperoleh nilai paling tinggi. Mata pelajaran tersebut bisa dijadikan patokan untuk menentukan atau mengembangka minat dan potensi anda.
  2. Mengambil Jurusan Sesuai dengan Keinginan maupun Profesi Masa Mendatang Coba anda bayangkan keinginan maupun profesi yang mau anda dapatkan di masa depan? Biasanya kalau mengambil jurusan sesuai dengan keinginan maupun profesi yang ingin kamu dapatkan di masa depan, kita akan berusaha dengan sungguh-sungguh saat dalam menjalani kegiatan perkuliahan demi menggapai keinginan dan profesi yang diimpi-impikan di masa depan. Jika anda masih belum mantap untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat anda, mungkin anda bisa mencoba mempertimbangkannya dengan hobi anda untuk menentukan jurusan apa yang anda pilih nantinya.
  3. Cari Informasi Akurat Mengenai Jurusan yang Akan Diambil Sebelum memulai masuk dunia perkuliahan sebaiknya anda mencari informasi sebelumnya mengenai jurusan yang ingin anda ambil, kualitas dari jurusan yang akan anda pilih, akreditasi dari jurusan, besar biaya perkuliahan komunitas di kampus prospek lulusanya dan informasi lainnya karena hal ini juga menentukan. Mencari informasi tentang kesempatan peluang kerja atau potensi karir masa depan dari jurusan yang akan diambil juga dibutuhkan. Prediksi juga apakah setelah kuliah selesai anda akan segera mendapat pekerjaan. Jika tidak ada potensi adanya karir atau pekerjaan di masa depan atau masih meragukan lebih baiknya untuk mencoba lagi mencari jurusan yang lain.
  4. Memilih Jurusan Jangan Cuma Ikut-ikutan Memilih jurusan jangan hanya ikut-ikutan teman ataupun diperintah oleh orang tua. Karena hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif jika memang anda tidak merasakan kenyamanan pada jurusan tersebut. Bisa jadi dampaknya anda justru tidak mengerti isi materi yang diajarkan selama perkuliahan, anda bisa saja merasakan kejenuhan untuk kuliah dan akhirnya pun memutuskan untuk tidak masuk kuliah. Dan akhirnya bukan hanya dirimu saja yang merasa rugi akan tetapi juga orang tuamu. Meraka juga akan merasakan kekecewaan karena dirimu telah gagal, kalau memang keinginan anda tidak sama dengan apa yang diinginkan oleh orang tua anda, akibat buruk dari memaksakan kehendak untuk kuliah di jurusan yang memang tidak anda minati.
  5.  Carilah Alternatif Jurusan Di saat mencari jurusan jangan sampai anda hanya mengandalkan satu jurusan saja. Iya jika anda diterima pada jurusan tersebut, kalau tidak? Anda bisa jadi malah tidak jadi masuk ke perguruan tinggi atau kuliah. Jadi sangat dianjurkan untuk memilih jurusan lain yang dapat dijadikan sebagai alternatif. Itulah bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan potensi diri. Pastikan untuk memilih jurusan yang benar-benar tepat dengan cara-cara di atas, agar kuliah anda nantinya terasa menyenangkan dan dapat menimbulkan motivasi dalam diri anda dan juga potensi diri dapat berkembang.
          Oleh karena itu pilihlah jurusan kuliah dengan baik yang sesuai dengan diri anda. Selain itu anda juga harus mempersiapkan kuliah dengan matang agar anda dapat berjalan dengan baik serta mendapatkan hasil yang baik setelah kuliah. Dengan demikian anda dapat dengan mudah mencapai cita-cita yang anda inginkan. Semoga artikel tentang tips memilih jurusan kuliah dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar